CARA MENCEGAH BANJIR

B A N J I R.

Tentu kalian semua sangat tidak menyukai apabila mendengar kata Banjir tersebut,yap karna kata banjir tersebut ialah salah satu bencana Alam yang sering sekali terjadi di berbagai belahan dunia ini,khususnya di negara yang kita semua cintai di negara Indonesia ini.Jika mendengar kata banjir, apa yang terlintas di dalam pikiran kalian semua ? pasti sangat jengkel bukan.


Ada 2 kategori banjir menurut saya yang sering kali terjadi dibeberapa kota yang ada di negara kita . Yang Pertama dengan kata Banjir saja. Banjir ini yaitu salah satu kejadian atau suatu keadaan yang sebagaimana adanya bagian yang terendam di salah satu daerah/tempat atau daratan daerah tersebut yang mengalami adanya kenaikan volume air secara berlebihan. Yang kedua dengan kata Banjir Bandang . Banjir Bandang ini yaitu banjir yang datang dengan waktu secara tiba-tiba dan tentu yang memiliki debit Volume air yang cukup besar(banyak) karna adanya suatu jalur yang terbendung di aliran sungai pada alur sungai tersebut. Salah satu Bencana ini disebabkan dari faktor hidrometeorologi yang selalu naik setiap tahunnya.Pada umumnya  tidak memakan ataw merenggut banyak korban jiwa di daerah yang terdampak,Namun Banjir bandang ini tentu sangat merusak beberapa infrastruktur dan juga akan dipastikan mengganggu stablitas perekonomian masyarakat di daerah terdampak tersebut secara signifikan.Banjir banjir ini muncul dengan sangat beragam sebab. Salah satunya Banjir ini bisa disebabkan adanya curah hujan yang tinggi di daerah tersebut dengan serapan tanah yang tidak cukup baik untuk menyerap air yang memiliki volume tiggi. Bisa juga karna terjadi melalui bentuk peristiwa rob atau bandang. Dengan demikian sebenarnya kita lah yang pintar pintar dan harus tetap waspada mengantisipasi bencana banjir apapun bencana lainnya di daerah sekitar kita.

Terutama menurut saya bencana banjir ini sering terjadi karna tidak adanya ataw minimnya kesadaran kesadaran orang orang terhadap sampah.yap dengan sampah yang berserakan dan tak teratur pada tempatnya, ini menjadikan seolah olah sampah ini menghambat ataw pun membendung jalur jalur air yang semestinya.banyak sekali contoh Penyebab banjir yang sering terjadi di kota kota manapun itu. Apalagi dengan kondisi sekarang yang terkadang memiliki siklus Cuaca Extrem. Tidak jarang jika pagi pagi hingga siang terasa panas kemudian secara mendadak cuaca ini bisa berubah secepat kilat. Namun tentu banyak hal hal ataw CARA MENCEGAH BANJIR yang bisa kita lakukan di kehidupan sehari hari. Contohnya dengan cara : sebagai berikut :

  • Tentu yang Utama yaitu Dengan cara Membuang sampah Pada tempat semestinya...Yap, dengan cara membuang sampah pada tempatnya inilah salah satu cara awal yang paling penting agar saluran saluran air ataw jalur masuknya air tidak terhambat bahkan apalagi hingga membendung(menutupnya).

  • Kedua dengan Membuat banyaknya Lubang Lubang Biopori...Dengan cara ini lah dapat membuat resapan air ke tanah menjadi baik ataw lancar,hanya membuat lubang lubang yang terlihat sepele ini namun punya dampak besar buat aliran resapan air semakin baik.

  • Ketiga dengan Memakainya Grass Block...Apakalian tau dengan sebutan grass block ini ? yap betul grass block ini ialah sesuatu yang digambarkan seperti lantai yang ada dirumah rumah namun untuk grass block biasanya dipakai di tempat tempat outdoor yang memiliki beberapa lubang lubang tertentu yang menembus langsung ke tanah dan dengan cara inilah bisa membuat daerah tersebut terhindar dari genangan air yang berlebih.

  • Yang terakhir tidak Kalah pentingnya dengan yang awal seperti membuang sampah pada tempat semestinya yaitu dengan nya ( membuat Gorong Gorong yang baik )....Dengan kata kutip yang baik didalam hal ini,maksudnya dengan adanya gorong gorong besar dan terjaga dari sampah yang menghambat ataw menutup aliran air di daerah lokasi rawan banjir tentu membuat cara ini sebagai Cara ampuh di kota kota besar.

Itulah Beberapa contoh Cara Mencegah Banjir yang bisa dilakukan di kota kota yang kita cintai.

Related Posts

CARA MENCEGAH BANJIR
4/ 5
Oleh